GABUNG FACEBOOK
   
Kunjungan hari Selasa, 24 Oktober 2017: 15 users
Online: 2 | Total Visitors: 527735
 
   
 
KOLEKSI ARTIKEL
 
Akupunktur Aman untuk Anak-Anak 
Kategori: Artikel Umum, Dikirim: [1/1/2012]
doc1-1-2012akp
Sumber : mediaindonesia.com

METODE
tradisional akupunktur dinyatakan aman dan diperbolehkan penerapannya pada anak-anak, bila dilakukan oleh praktisi yang terlatih, kata para peneliti Kanada, Senin (21/11), dalam jurnal online Pediatrics.

Para peneliti di University of Alberta sebelumnya telah memantau data dari 37 studi tentang jarum akupunktur selama 60 tahun pada anak-anak semenjak lahir sampai berusia 17 tahun. Mereka menilai hubungan antara jarum akupunktur dan berbagai tingkat efek samping pada anak-anak. Ditemukan, dari 279 efek samping diidentifikasi, 253 adalah ringan, 1 moderat, dan 25 serius.

Efek samping yang serius termasuk perdarahan, infeksi, dan masalah jantung serta paru-paru. Satu anak mungkin telah terjangkit HIV. Tetapi para peneliti mengatakan efek samping yang serius lebih terkait dengan kondisi standar dari penyedia layanan daripada teknik akupunktur itu sendiri. Mereka menyimpulkan bahwa di tangan yang terlatih, akupunktur pediatrik terbilang aman.

Teknik akupunktur telah hadir selama ribuan tahun. Teori tradisional 'Negeri Tirai Bambu' ini menunjukkan penempatan jarum membantu menyeimbangkan aliran energi tubuh, yang disebut 'q'". Akupunktur kerap digunakan untuk mengobati sakit kepala, migrain, sakit punggung dan sendi, kram, dan rasa mual akibat kemoterapi. Estimasi menunjukkan 150.000 anak-anak Amerika menjalani akupunktur setiap tahunnya.

Penulis : Prita Daneswari

 
Kembali Ke Index Artikel
 
 
 
MENU NAVIGASI
 
 
 
Situs Poltekkes dr. Soepraoen © 2017
Jl. Sodanco Supriadi no. 22 Malang - Email: informasi@poltekkes-soepraoen.ac.id
Designed & Developed by Adhamweb Dot Com [www.adhamweb.com]