GABUNG FACEBOOK
   
Kunjungan hari Minggu, 19 November 2017: 13 users
Online: 2 | Total Visitors: 532594
 
   
 
PRODI AKUPUNKTUR -
 

Tips Akupunktur: 10 Khasiat dan Manfaat Kesehatan Akupunktur (http://oketips.com)

 Tips Akupunktur: 10 Khasiat dan Manfaat Kesehatan AkupunkturBenarkah akupunktur (acupuncture) dapat menyembuhkan penyakit?

Studi menunjukkan bahwa akupunktur memang bermanfaat meringankan beberapa penyakit.

Secara umum, akupunktur dapat mengobati penyakit seperti angina, depresi, infertilitas, sakit kepala, dan banyak lagi.

Berikut adalah penjelasan mengenai penyakit yang dapat disembuhkan dengan akupunktur:

1. Angina

Angina ditandai dengan nyeri pada dada atau jantung. Studi menunjukkan bahwa angina bisa disembuhkan dengan menggunakan elektro-akupuntur.

Elektro-akupuntur memanfaatkan sepasang jarum yang dihubungkan dengan baterai sehingga menciptakan impuls listrik yang dapat digunakan untuk membantu pasien dengan angina.

2. Gangguan keseimbangan

Sebuah studi menunjukkan bahwa pasien dengan gangguan keseimbangan menunjukkan kemajuan positif setelah mendapatkan terapi akupunktur. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk memperkuat klaim ini.

3. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Pasien dengan CTS mengalami nyeri pada tangan dan jari. CTS disebabkan oleh berbagai hal seperti sering mengangkat benda berat, atau pergelangan tangan tertekan akibat terlalu banyak menggunakan keyboard atau mouse.

Studi menunjukkan bahwa individu dengan CTS menunjukkan pengurangan nyeri setelah menjalani akupunktur.

4. Morning Sickness

Hal ini biasanya dialami oleh wanita hamil terutama pada tahap awal kehamilan mereka. Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur merupakan metode yang efektif untuk mengurangi gejala ini.

5. Epicondylitis

Epicondylitis dikenal pula sebagai Tenis Elbow yaitu timbulnya rasa nyeri pada siku. Akupunktur yang dilakukan secara teratur dapat membantu meringankan kondisi ini.

6. Menurunkan berat badan

Akupunktur dapat membantu siapa saja yang ingin lebih langsing. Akupunktur bekerja dengan menekan nafsu makan sehingga berat badan ideal dapat dicapai.

7. Depresi

Pasien dengan depresi dapat memanfaatkan akupunktur untuk mengobati gejala-gejala yang terkait dengan gangguan ini. Akupunktur tidak hanya mengobati gejala depresi tetapi juga membuat obat anti-depresi bekerja lebih efisien.

8. Infertilitas (mandul)

Beberapa studi telah menunjukkan hasil positif bahwa akupunktur dapat meningkatkan kualitas dan kekuatan sperma. Pastikan terapi ini dilakukan oleh seorang ahli akupunktur bersertifikat dan terlatih untuk hasil yang optimal.

9. Hipertensi

Banyak penelitian mengungkapkan bagaimana pasien hipertensi menunjukkan perbaikan setelah dirawat dengan akupunktur.

Jadi, penderita tekanan darah tinggi bisa mempertimbangkan akupunktur sebagai pengobatan alternatif.

10. Sakit kepala

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur bisa menghilangkan sakit kepala kronis seperti migrain. Konsultasikan dengan dokter sebelum menempuh terapi ini.
Dikirim oleh : Risa Staff Akupunktur


Terapi Akupunktur Untuk Kanker

Surabaya, eHealth. Kanker telah menggantikan penyakit jantung sebagai penyebab kematian nomor satu di dunia, seperti dikutip dari Asosiasi Rumah Sakit Amerika. Di Indonesia, sebaliknya, Kanker adalah penyumbang kematian ketiga terbesar setelah penyakit jantung. Penyebab utama Kanker di negara kita ini adalah pola hidup yang tidak sehat seperti kurang olahraga, merokok, dan pola makan yang tak sehat.

 

Kanker adalah suatu istilah penyakit yang disebabkan adanya pembelahan sel yang abnormal secara tidak terkontrol yang dapat menyebar ke jaringan sekitarnya. Sebuah sel normal dapat menjadi sel Kanker apabila terjadi ketidakseimbangan antara fungsi onkogen dengan gen tumor suppresor dalam proses perkembangan suatu sel.

Kanker lebih sering diobati dan ditangani secara medis oleh pengobatan-pengobatan modern yang notabene memiliki risiko besar. Pernahkah Anda dengar bahwa terapi secara “tradisional” pun ternyata mampu memberi kesembuhan dan lebih-lebih minim risiko?

Disamping karena masih belum tersedianya obat-obatan untuk kanker secara pasti, banyak orang menemukan alternatif lain pengobatan kanker yang ternyata menyamai keampuhan efek pengobatan medis.

Terapi Akupunktur

Salah satu teknik pengobatan alternatif tersebut adalah akupuntur/akupunktur. Teknik memasukkan jarum ke dalam tubuh ini berasal dari Cina, dan menurut ajaran ilmu akupunktur, teknik ini akan memulihkan kesehatan dan kebugaran, khususnya sangat baik untuk mengobati rasa sakit.

 

Teori pengobatan akupunktur tradisional Cina didasarkan pada teori aliran qi (energi) dan darah yang mengalir melalui jalur-jalur atau meridian tertentu di dalam tubuh. Meridian-meridian tersebut telah dipetakan oleh orang Cina sejak ribuan tahun yang lalu melalui hasil observasi, meditasi, latihan qi gong dan berbagai pengamatan lainnya. Menurut teori pengobatan tradisional Cina, terapi akupunktur dapat memperlancar aliran qi yang sehat ke daerah yang kekurangan energi positif, dan membuang qi negatif dari daerah yang kelebihan. Dengan cara ini, akupunktur dapat mengatur dan mengembalikan keseimbangan qi yang harmonis di dalam tubuh.

Banyak penderita Kanker yang beralih ke metode akupunktur setelah menemukan harapan tipis akan kesembuhan mereka yang awalnya berobat secara medis.

Akupunktur bisa dijadikan sebagai terapi penunjang yang ditujukan untuk meningkatkan daya imun tubuh, mencegah dan mengurangi efek samping terapi Kanker, serta menanggulangi atau meringankan keluhan yang timbul akibat Kanker.

Teknik pengobatan yang bisa diterapkan pada semua jenis Kanker ini juga tidak memiliki efek samping negatif jika dilakukan dengan cara yang tepat, dengan indikator keberhasilan tergantung pada kondisi pasien itu sendiri.


Menjaga Kondisi Penderita Kanker

Terdapat beberapa hal yang dapat berkontribusi dalam penyembuhan Kanker dan diharapkan meningkatkan kualitas hidup penderita. Hal-hal tersebut adalah:

1. Milikilah komitmen total untuk memerangi penyakit Kanker;
2. Mencari petunjuk/saran dari medical practitioner yang dapat dipercaya;
3. Konsumsi herbal antikanker, seperti Sarang Semut, Buah Merah, Keladitikus, dan Mengkudu;
4. Menjalani pola makan yang benar; dan
5. Melakoni hidup bebas stres.

Penerapan akupunktur untuk nyeri Kanker biasanya dengan terlebih dahulu mencari sumber rasa nyerinya. Untuk penggunaan nyeri sebaiknya akupunktur dilakukan sebagai penunjang pengobatan yang dilakukan secara medis. Sehingga bisa menghindari pemakaian morfin sebagai penghilang rasa nyeri untuk sementara waktu. Pemanfaatan titik general merupakan hal yang utama. Misalnya titik lambung, limpa, hati, usus besar, dan jantung.

Akupunktur dalam beberapa teknik akan sangat menguntungkan para penderita Kanker. Terutama untuk merangsang sistem kekebalan tubuh. Sehingga meski mengidap Kanker, penderita masih bisa melakukan berbagai kegiatan yang mereka sukai dan ini berarti meningkatkan rasa bahagia dan harapan hidup mereka. (Fns/dari berbagai sumber)

Dikirim oleh : Risa Staff Akupunktur


Titik-Titik Terapi Akupuntur Untuk Kesuburan
Titik-titik akupunktur yang diaktifkan untuk membantu masalah ketidaksuburan, ditentukan hasil diagnosa dokter. Umumnya, lokasi tersebut di perut, pinggang atau bagian lain di sekitarnya yang masih dalam satu jaringan sistem saraf organ reproduksi. Tapi, kadangkala dilakukan di telinga yang langsung mengaktifkan saraf di bagian otak yang mengatur produksi hormon.     

Titik terapi pada wanita:
•  Titik Guanyuan: di perut, 7,5 cm di bawah pusar.
•  Titik Guilai: 5 cm lateral garis median sejajar Guanyuan.
•  Titik Qixue: di perut bagian bawah.
•  Titik Senshu: di pinggang.
•  Titik Pangguangshu: di dekat tulang ekor.
•  Titik Sanyinjiao: 7,5 cm di atas mata kaki bagian dalam.

Titik terapi pada pria:
•  Titik Senshu: di pinggang.
•  Titik Mingmen: di tengah pinggang.
•  Titik Zhibian: di samping tulang ekor.
•  Titik Ciliao: di dekat tulang ekor.
•  Titik Guanyuan dan Qihai: di perut bawah pusar.
•  Titik Sanyinjiao dan Taixi: di tungkai bawah sebelah dalam.

Agar Hasil optimal:
•  Pasangan menjalani 1 - 2 seri terapi.
•  Setiap seri terdiri dari 6 - 12 kali terapi.
•  Jadwal terapi selama seminggu umumnya 1 - 2 kali terapi.
•  Biaya terapi antara Rp. 100.000 – Rp. 200.000 untuk 1 kali terapi.

Sumber : www.ayahbunda.co.id/artikel/Prakonsepsi/Gizi+dan+Kesehatan

Dikirim oleh : Risa-Staf Akupunktur



Pengobatan Akupuntur Makin Diminati


Ditulis oleh Sinshe Liem   
Senin, 30 Agustus 2010 06:12

Pengobatan dengan tusuk jarum atau yang dikenal dengan terapi akupuntur semakin diminati masyarakat, terutama oleh mereka yang mengerti bahaya zat kimia pada obat medik.
"Beberapa kasus penyakit yang ditangani dapat disembuhkan dengan terapi akupuntur medik secara rutin dan terpadu," katanya

.

Ia mengatakan, teknik pengobatan akupuntur tersebut berasal dari Cina yang telah hidup ribuan tahun silam dan diyakini dapat mengobati berbagai macam penyakit serta untuk terapi kecantikan. Namun begitu, tidak sedikit masyarakat yang belum percaya dengan kemujaraban pengobatan metode akupuntur ini terlebih melihat peralatan yang digunakan.

Padahal sejak 1978, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan pengobatan akupuntur dalam pelayanan kesehatan di samping pengobatan kedokteran konvensional.

Sayangnya, pengobatan ini belum banyak dikenal masyarakat, karena itu PDAI terus berupaya menyosialisasikannya di masyarakat akan manfaat yang bisa diperoleh dari terapi menggunakan jarum ini.

Ia menuturkan, setelah dikembangkannya teknologi kedokteran akupuntur di  Indonesia, sejumlah rumah sakit  dewasa ini sudah mulai melirik keberadaan dokter ahli akupuntur
(Terakhir Diperbaharui pada Selasa, 31 Agustus 2010 23:33)

Dikirim oleh: Risa-Staff Akupunktur
 
 
MENU NAVIGASI
 
Profil Prodi Akupunktur  
Sarana Prasarana  
Tatib Mahasiswa  
Daftar Kurikulum  
Galeri Foto Penelitian dengan Rattus Norvegicus  
KEGIATAN HIMA AKUPUNKTUR  
Artikel  
Herbal  
Pelayanan Di Poli Akupunktur  
Visi Misi Prodi Akupunktur  
Denah Kampus  
SDM Prodi Akupunktur  
Status Mahasiswa TA. 2011/2012  
Alumni Prodi Akupunktur  
BAKSOS 2014  
e-learning  
 
 
Situs Poltekkes dr. Soepraoen © 2017
Jl. Sodanco Supriadi no. 22 Malang - Email: informasi@poltekkes-soepraoen.ac.id
Designed & Developed by Adhamweb Dot Com [www.adhamweb.com]